Link Artikel : https://drive.google.com/file/d/1_9a1sGDu6sat7L1lwi2pSgQ_o6sTwfre/view?usp=sharing
Judul Artikel : Pengaruh Game Online Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Lobalain
Analisis Artikel :
Dalam artikel ini dibahas tentang penjelasan antara pengaruh game online terhadap motivasi belajar siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Lobalain. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi liniear
sederhana. Analisis regresi linear sederhana merupakan model dengan regressor
tunggal X yang memiliki hubungan dengan respon Y yaitu garis lurus . Uji t bertujuan
untuk mengetahui apakah ada pengaruh variabel bebas (X) terhadap variabel
terikat (Y). Uji t dalam artikel ini menggunakan bantuan statistik SPSS 21 dalam hal ini
ada dua acuan yang di pakai sebagai
dasar pengambilan keputusan pertama dengan melihat nilai signifikansi (Sig) dengan tabel
ANOVA dan kedua membandingkan antara nilai thitung dengan t tabel dengan tabel
coefficients.
Berdasarkan
nilai t, diketahui thitung>ttabel yaitu 4.180>2.024, dan nilai
signifikansi < 0.05 yaitu 0.000<0.05 sehingga dapat disimpulkan bahwa
terdapat pengaruh antara variabel Game Online (X) dengan Motivasi Belajar (Y)
sehingga hipotesis nol ditolak, artinya hipotesis alternatif diterima. Dari
hasil pengujian hipotesis tersebut terbukti bahwa terdapat pengaruh game online
terhadap motivasi belajar siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Lobalain
Untuk mengetahui besarnya pengaruh game online terhadap
motivasi belajar siswa dalam analisis regresi linear sederhana, dapat dilihat
dari output pengujian R Square melalui spss pada bagian Model Summary.
Dari
tabel di atas dapat diketahui bahwa nilai r sqyare sebesar 0,329 atau 32,9%. Nilai
tersebut memiliki makna bahwa pengaruh game online terhadap motivasi belajar
sebesar 32,9% sedangkan sisanya sebesar 67,1% dipengaruhi oleh variabel lain
yang tidak diteliti dalam artikel ini
Pengaruh game online positif terhadap motivasi belajar dalam artikel ini .Hal
ini dikarenakan siswa yang menjadi sampel dalam penelitian, mampu membagi waktu
dengan baik untuk belajar dan bermain game online, siswa yang bermain game
online memiliki konsentrasi, memiliki kemampuan analisis, kemampuan strategi
dan kemampuan pemecahan masalah
NOVELTY
Pembahasan tentang pengaruh game online terhadap pembelajaran siswa dan motivasi belajar termasuk baru untuk diteliti
0 komentar:
Posting Komentar