Judul Artikel : Developing Instruments to Measure Physics Problem Solving Ability and Nationalism of High School Student
Link Artikel : https://drive.google.com/file/d/1hXxtvd5zk67lupu4BDFIw6fLCrcd3LEF/view?usp=sharing
Analisis Artikel :
Tujuan di dalam artikel ini adalah untuk menghasilkan instrumen yang layak untuk diukur kemampuan memecahkan masalah fisika dan nasionalisme, dan menentukan kualitas dari instrumen yang telah dikembangkan. Penelitian ini di dalam artikel ini dilakukan melalui empat tahapan, yaitu perancangan, persiapan tes, uji coba, dan persiapan instrumen yang valid. Instrumen yang dikembangkan adalah kemampuan pemecahan masalah fisika instrumen tes terdiri dari 10 soal esai angka dan nasionalisme Kuesioner terdiri dari 35 item yang disusun dalam bentuk skala likert.
Penelitian dalam artikel ini menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif yang diberikan oleh delapan validator (ahli, guru fisika, dan peer reviewer), dan analisis validasi empiris. Validasi isi menunjukkan bahwa instrumen yang dikembangkan sudah valid kategori dengan nilai validitas 1,00 untuk setiap item pada kedua instrumen dikembangkan. Validasi empiris melibatkan 250 siswa SMA yang dipilih secara acak
Kesimpulan penelitian dalam artikel ini adalah:
- Instrumen yang dikembangkan sudah valid kategori berdasarkan penilaian kualitatif dan kuantitatif dengan nilai validitas 1,00 in setiap item diukur. Oleh karena itu, layak untuk digunakan dalam pengujian.
- Instrumen dikembangkan sesuai dengan Partial Credit Model (PCM).
- Kedua instrumen yang dikembangkan dapat diandalkan
- Instrumen mempunyai kriteria baik yang berarti dapat diterima untuk mengukur kemampuan pemecahan masalah
0 komentar:
Posting Komentar