Judul Artikel : Analysis of understanding of physics concepts throughproblem solving units review in free fall motion materials
Link Artikel : Kilk
ANALISIS ARTIKEL
PENDAHULUAN
Hal yang melatarbelakangi penelitian di dalam artikel ini adalah masih banyak siswa yang menyelesaikan masalah/mengerjakan pertanyaan fisika dengan sering menggunakan persamaan matematika tanpa melakukan analisis, menebak rumus yang digunakan, dan menghafal contoh pertanyaan yang telah diselesaikan untuk mengerjakan pertanyaan lain.Ada beberapa faktor yang memengaruhi kemampuan siswa dalam memecahkan masalah yang lemah, yaitu: siswa tidak dapat menyelesaikan masalah termasuk kurangnya praktikum di laboratorium, kebingungan tentang penulisan konversi unit, kurangnya buku fisika yang digunakan sebagai referensi. Kurangnya keterampilan dalam memecahkan masalah termasuk pemahaman yang lemah terhadap prinsip-prinsip dan aturan fisika, kurangnya pemahaman terhadap masalah, dan kurangnya motivasi dari siswa. Dalam masalah fisika tentang gerak jatuh bebas, penting bagi siswa untuk memahami konsep pemecahan masalah. Ini tidak hanya tentang menghafal rumus, tapi juga tentang memahami unit. Siswa sering kesulitan dalam mengonversi unit dan menganalisis angka saat menjawab pertanyaan terkait. Implikasi bagi mata pelajaran sains dibahas dalam artikel ini, yang bertujuan untuk menjelaskan bagaimana siswa memahami konsep melalui pemecahan masalah terkait unit dalam gerak jatuh bebas.
METODE
Penelitian di dalam artikel ini merupakan merupakan penelitian survei yang dilakukan terhadap 19 mahasiswa Program Studi Pendidikan Fisika, Universitas Tamansiswa, Yogyakarta. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa Pendidikan Fisika tingkat tiga. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif.serta disajikan dua pertanyaan dalam bentuk esay
Tahapan pemecahan masalah yang diukur dalam penelitian ini terdiri dari 5 indikator. yaitu useful description, physicsapproach, specific application of physics, mathematical pro-cedure dan logical progression.
Hasil dari data yang diperoleh akan dianalisis menggunakan rubrik
problem solving assessment
HASIL DAN DISKUSI
Hasil dari penelitian di dalam artikel ini diperoleh bahwa analisis pemahaman konsep dan pemecahan masalah fisika dari tinjauan unit oleh mahasiswa Program Studi Pendidikan Fisika UST ditampilkan dalam gambar di bawah ini. Representasi analisis pemahaman konsep melalui pemecahan masalah ditunjukkan dalam gambar 1. Dalam gambar 1, diamati bahwa pemahaman konsep melalui pemecahan masalah tinjauan unit memiliki persentase tertinggi dalam kategori sedang. Ini berarti bahwa kemampuan untuk memahami konsep melalui pemecahan masalah bagi mahasiswa pendidikan fisika UST berada dalam kategori sedang.
Sedangkan pada gambar 2 ditunjukkan hasil bahwa kecenderungan mahasiswa Pendidikan Fisika yang memiliki kemampuan rendah dalam memahami konsep juga memiliki kemampuan rendah dalam memecahkan masalah
Hal ini berarti bahwa siswa belum mampu memilih konsep dan prinsip fisika yang tepat untuk digunakan dalam memecahkan masalah pada materi Gerak Jatuh Bebas melalui tinjauan unit, tidak mampu mengaplikasikan konsep dan prinsip fisika pada kondisi tertentu dalam sebuah masalah tentang materi gerak jatuh bebas, dan juga masih memprioritaskan konsistensi untuk selalu menggunakan rumus dalam memecahkan masalah fisika.
Banyak siswa dalam memecahkan masalah atau mengerjakan pertanyaan fisika cenderung hanya mengandalkan persamaan matematika tanpa benar-benar menganalisis masalahnya. Mereka cenderung menebak-nebak rumus yang digunakan dan mengandalkan hafalan contoh-contoh soal yang sudah dikerjakan sebelumnya untuk mengerjakan soal-soal lainnya. Kelebihan dari penelitian ini adalah bahwa peneliti belum menemukan solusi untuk masalah ini melalui cara memeriksa ulang konsep fisika. Namun, dalam memecahkan masalah fisika, khususnya dalam materi gerak jatuh bebas, peneliti menyarankan agar konsep tentang unit bisa membantu.
Kelemahan dari penelitian di dalam artikel ini adalah bahwa penelitian hanya mencapai tahap survei, artinya belum ada langkah selanjutnya untuk mengatasi masalah tersebut
KESIMPULAN
Analisis pemahaman konsep mahasiswa pendidikan fisika melalui pemecahan masalah tinjauan unit dalam materi jatuh bebas menunjukkan persentase tertinggi berada dalam kategori sedang. Namun, pada indikator pemecahan masalah (useful description, physicsapproach, specific application of physics, mathematical pro-cedure dan logical progression), kemampuan siswa berada dalam kategori rendah.
NOVELTHY
Tidak terlalu spesifik kebaruan dari artikel ini, akan tetapi artikel ini membahas tentang miskonsepsi mahasiswa pada materi gerak jatuh bebas dengan menggunakan dua soal essai dan hanya mencapai tahap survei
0 komentar:
Posting Komentar